Posts Tagged ‘Tompi’

Tompi, Dunia Musik Perlu Direformasi

Posted: 16 Agustus 2011 in News
Tag:
 
Di ulang tahun Republik Indonesia yang ke 66, Tompi berharap adanya reformasi dalam skala besar. Baginya reformasi di tahun 1998 hanyalah tahap awal yang perlu ditindak lanjuti lagi.

“Kita harus reformasi banyak hal. Reformasi yang kemarin itu hanya bagian kecil, hanya tahap awal,” ujarnya saat dijumpai di acara Achmad Bakkrie Award di Djakarta Thetare XXI, Jakarta, Minggu (14/8).

Tompi menambahkan, bahwa dunia musik juga perlu direformasi, terlebih sistem monopoli yang tengah berlangsung. Menurutnya dengan sistem laporan ring back tone atau sistem penjualan yang terkontrol dan transparan bisa membantu negara.

“Negara kalau benar-benar peduli dengan sistem penjualan yang benar untuk musik, utang negara tertutup deh. Bayangin aja berapa juta konsumen musik di Indonesia,” paparnya.

Dari konser yang banyak digelar di Indonesia pun menurut Tompi juga bisa diperhitungkan. Banyaknya artis luar negeri yang mengadakan konser di sini karena penonton Indonesia sangat banyak. Dan sudah pasti mereka dibayar mahal dibandingkan di negara mereka.

“Kalau pemerintah melihat ini sebagai aset dan diatur dengan benar, saya percaya deh kayak deh Indonesia. Nggak usah mikir jual minyak, jual lagu aja bisa kaya Indonesia,” tukasnya.

 source : kapanlagi.com
Iklan
 
Setelah sebelumnya sempat melempar single religi dengan judul Ramadhan Datang, tahun ini, penyanyi jazz Tompi siap meluncurkan album religi kembali yang berjudul Sounds of Ramadhan.

“Di album ini ada lagu-lagu religi untuk bulan puasa. Saya bikin apapun sih, bukan cuma religi aja. Ada ide ya saya garap. Saya lagi merasa produktif. Kerjain 2 hari, mixing dan mastering. Karena ga perlu pura-pura jadi ga susah. Mengalir aja membuat lagunya,” ungkap penyanyi yang juga dokter ini.

Dalam single religi yang ketiga ini, Tompi yang ditemui di Sinou Cafe, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (28/7) ini mengaku bahwa dirinya hampir saja tidak berhasil membuat lagu tersebut.

“Temanya tentang keseharian aja. Gimana ngajarin anak berpuasa. Saya mengambil tema umum. Syuting video klipnya aja di rumah sama keluarga. Bikin religi itu kan syaratnya orang percaya Tuhan. Di agama saya mengajarkan biarpun sedikit, kebaikan harus disebar. Terlepas individunya sempurna ato ga. Saya hanya berharap jadi lebih baik aja, syukur kalo ada orang lain yang hatinya jadi lembut karena lagu saya,” jelasnya panjang lebar.

Dalam kesempatan yang sama pula, Tompi bersedia berbagi mengenai rencananya menyambut Ramadhan, termasuk mengajarkan anaknya untuk puasa.

“Saya sebagai orang tua, tidak mengharuskan anak saya puasa. Tapi karena ada bulan puasa, kita ajarin supaya gak makan dan minum. Hal yang sederhana dulu. Mereka kan baru dua tahun, tiga tahun. Belum sahur lah, paling wudhu sendiri. Mungkin ada syukuran juga sama tetangga,” tutupnya.

source : kapanlagi.com
 
Kondisi dunia musik tanah air yang dalam beberapa hal masih dihantui oleh maraknya pembajakan lagu, ternyata tidak membuat Tompi menyerah. Penyanyi yang identik dengan topinya itu justru membuat catatan manis di mana lagunya mendapatkan raihan RBT yang menakjubkan.

“Hari ini aku seneng banget. Ada kejutan. Kebanggaan tersendiri ya. Album saya yang terbaru, RBT-nya mencapai 1 juta lebih. Saya pikir gak gampang setengah mati jual materi ini, soalnya bisa dibilang lagu saya kan segmented,” bebernya.

Tompi yang ditemui di Sinou Cafe, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (28/7) bercerita bahwa dalam albumnya tersebut, ada 3 single yakni Tak Pernah Setengah Hati, Aku Jatuh Cinta, dan Bukan Pacarmu yang menyentuh penjualan RBT lebih dari 1 juta download.

“1 juta RBT untuk jenis musik saya itu fantastis. Seolah berlebihan. Tapi prestasi juga. Itu yang kami perjuangkan. Musisi yang jual jutaan itu harus ada timbal baliknya ya. Soalnya kita gak pernah tahu saat dia gak laku mau ngapaian, apalagi kalo lagi sakit gak ada duitnya,” usai pria kelahiran Lhoksumawe, Aceh ini. 

source : kapanlagi.com